Panduan Tracking Satelit Thaicom 5

Panduan Tracking Satelit Thaicom 5
Satelit thaicom5 78,5° BT

Panduan tracking satelit Thaicom 5

Baik sebelum ke pembahasan kita harus mengenali dulu yang namanya satelit Thaicom5.
Thaicom5 tepatnya berada di 78,5° bujur timur, sama halnya dengan satelit Palapa D, thaicom5 juga memiliki prekuwensi C band dan KU band, dan pembahasan kali ini hanya C band karna di prekuwensi ini yang banyak channel fta nya.

Thaicom5 banyak terdapat channel-channel yang menarik khususnya chanel-channel yang menayangkan laga-laga sepakbola eropa dan olahraga lainnya. Diantaranya channel PPTV HD/SD, dan channel lainnya.

Hal ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri yang mampu memikat hati pemirsa televisi Indonesia untuk berburu satelit ini guna bisa menonton pertandingan favorit. Dan menjadikan Thaicom5 sebagai sumber channel alternatif karena siaran channel dalam negri tidak mampu memenuhi hasrat mata pemirsa tv tanah air.

Tips dan trik tracking


Pada dasarnya dalam Tracking (mencari posisi satelit) hal yang terpenting yang harus kita miliki adalah sabar dan teliti. Kesabaran dan ketelitian sangat penting , karena jika tracking sambil emosi dan buru-buru bisa jadi hasilnya malah zonk... Cuma capek dan kepanasan.

Berikut tips sederhana tracking thaicom5:

1. Kenali posisi thaicom5. Thaicom5 berada pada posisi 78,5°Bt. Sebagai perbandingan... PalapaD diposisi 113°Bt. Artinya kita harus menggeser atau memiringkan posisi parabola 34,5° ke barat dari satelit palapaD. Jika di konfersi kecentimeter dari palapaD ke thaicom5 lebih kurang 17cm-20cm di penyangga dish parabola, tergantung besarnya diameter dish parabola yang digunakan..

2. Sebagai pedoman tracking input frekuwensi 3600 H 26666. Di satelit thaicom5 pada resiver anda, jika belum ada sateli thaicom5nya buat dulu di pengaturan satelit, atau jika tak mau repot input saja preq tersebut di satelit palapaD, saya sarankan sebaiknya menggunakan resiver mpg2 dulu yang lebih peka dan lebih sensitif terhadap signal...

3. Perhatikan indikator kekuatan signal di preq yang baru di input tadi, lalu geser dengan perlahan parabola anda dari posisi semula palapaD ke arah barat sejauh 34,5° atau 17-20cm, hingga tepat berada di posisi satelit thaicom5. Ingat geser dengan perlahan sambil perhatikan indikator signal dilayar tv, jika signal sudah muncul dan indikator berubah warna maksimalkan signal semaksimalnya, dan anda telah BERHASIL lock satelit thaicom5, dan lakukanlah blind secan...

4. Alternatif lainnya jika parabola sudah di geser kebarat sekitar 34,5° atau 17-20cmdari posisi palapaD, tapi signal belum muncul, dari pengalaman pribadi saya kendurkan baut yang untuk menyetel kemiringan utara/selatan, jadi kembalikan lg parabola ke posisi palapa D, lalu dorong sedikit ke utara lalu ulangi geser parabolanya kebarat sampe lock signalnya, bila belum berhasil juga kendorkan baut yg empat yg mengunci pada tiang, lalu putar sambil geser2 parabolanya. Ingat parabola harus tepat pada garis bujur barat-timur(garis khatulistiwa).... Semoga bermanfaat.....

Sekian dulu pembahasan dari admin kali ini, jadikan hobi anda sebagai hobi yang bermanfaat bagi anda dan bagi orang2 disekitar anda, semoga hobi anda membawa berkah.........



Penutup


Anda telah membaca tulisan TV Gratis Indonesia yang berjudul:
Panduan Tracking Satelit Thaicom 5
Dengan alamat URL:
https://www.tvgratis.my.id/2019/05/panduan-tracking-satelit-thaicom5.html

TV Gratis Indonesia adalah situs yang memberikan tips dan trik nonton TV secara gratis, siaran streaming, dan cara tracking parabola tanpa bayar iuran bulanan selamanya.
Jangan lupa subscribe dengan cara bookmark blog ini.