Cara Mengubah Boot Logo Receiver Nex Parabola

Cara Mengubah Boot Logo Receiver Nex Parabola
Cara Mengganti Boot Logo Nex Parabola

Kali ini saya akan bagikan cara mengubah boot logo pada receiver Nex Parabola anda menjadi Foto Pribadi, Foto Jasa Service, atau gambar apapun. Dengan mengganti gambar boot logo RX / Receiver Parabola maka akan membuat tampilan menjadi unik dan lain daripada yang lain.

Boot logo adalah gambar tampilan awal ketika sebuah receiver dinyalakan. Gambar logo dari masing masing receiver biasanya bertuliskan merk dari receiver tersebut. Dalam bahasan kali ini ada 2 jenis, yakni cara mengganti boot logo receiver Nex Parabola merah dan cara mengubah boot logo Nex Parabola kuning.

Daftar Isi:

Apa itu Nex Parabola?


Buat yang belum tahu, Nex Parabola adalah layanan TV satelit berlangganan dari group SCM (Surya Citra Media) dibawah naungan PT. Mediatama Televisi (MTV) yang menyajikan tayangan hiburan, edukasi, olahraga, hingga informasi untuk keluarga.

Kehadiran NexParabola disertai dengan berbagai macam keunggulan sehingga menjadi pilihan terbaik untuk TV satelit serta sebagai sarana hiburan yang sangat tepat bagi seluruh keluarga di Indonesia.

Keunggulan dan Kelebihan Nex Parabola


  1. TV Nasional FTA Lengkap

    Nex Parabola merupakan TV satelit yang menyuguhkan para pelanggannya dengan tayangan TV Nasional "Free To Air" paling lengkap siap menemani kebersamaan di ruang keluarga.

  2. Tayangan Premium Live Football

    Nex Parabola akan memanjakan para penggemar olahraga bola dengan siaran premium PREMIER LEAGUE dan Channel Champions TV yang berisi UEFA Champions League, UEFA Europa League serta tayangan olahraga–olahraga menarik lainnya.

  3. Exclusive In-House Channel

    Mempunyai In-house channel dengan rating terbanyak saat ini beserta dengan channel-channel In-house terbaik lainnya akan menambah semarak hiburan Anda beserta keluarga

  4. Kualitas Tayangan dan Suara High Definition (HD)

    Nex Parabola menggunakan teknologi DTH (Direct To Home) dengan Technology Hybrid Set Top Box (STB), receiver C dan KU band serta gambar dan suara berkualitas High Definition (HD) yang akan memberikan kepuasan pelanggan dalam menyaksikan siaran-siaran yang ditayangkan.

  5. Dukungan Service Center dan Jaringan Distribusi Nasional

    Nex Parabola mempunyai jaringan distribusi yang luas di seluruh Indonesia, sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap kualitas receiver. Untuk meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan sebagai sarana komunikasi apabila terjadi masalah pada perangkat dapat disampaikan melalui layanan service center NexParabola.

Cara Ganti Boot Logo Receiver Nex Parabola Merah


Nex Parabola merah memakai chipset NationalChip atau GuoXin. Hanya saja memang untuk Nex Parabola Merah ini berbeda dengan struktur firmware beberapa receiver yang menggunakan chipset GuoXin yang lain karena tidak di support aplikasi unpack repack firmware gx6605.

Untuk merubah boot logo receiver Nex Parabola Merah harus menggunakan aplikasi hex editor. Kalau belum punya aplikasinya silahkan download aplikasinya di sini:


Untuk mengubah atau mengganti boot logo receiver Nex Parabola merah dengan hex editor sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan firmware Nex Parabola merah terbaru lalu buka dengan Hex Editor.

  2. Cari block table, biasanya ada di 50000h. Lalu copy dari text boot sampai 1DC.

  3. Buat file baru dan pastekan hexa table firmware tersebut

  4. Ubah setting tampilan hex area menjadi 1B atau 28 untuk memudahkan pembacaan table

  5. Cari bagian block LOGO, cek kolom 14-17h, misalnya 00 45 00 00

  6. Lihat juga baris selanjutnya yang menunjukkan block lain misalnya 00 46 00 00 , maka posisi LOGO ada di antara 450000 sampai 00460000

  7. Kita sudah tahu, posisi awal dan akhrinya tinggal block saja, kemudian copy paste untuk membuat file baru.

  8. Simpan file tersebut misalnya LOGO. jpg.

  9. Cek ukuran atau resolusi file LOGO. JPG tersebut lalu buat gambar pengganti boot logo dengan ukuran sama dengan LOGO jpg sebelumnya.

  10. Jika sudah dibuat, buka dengan Hex Editor, pastikan ukuranya menjadi sama dengan LOGO. bin, kalau ada di bawahnya tinggal tambahkan 00 atau FF sampai sama dengan LOGO. bin

  11. Pilih semua hexa LOGO. bin dan paste replace pada block logo di firmware Nex Parabola Merah tersebut.

  12. Jika sudah, tinggal disimpan dan dicoba.

Cara Ganti Boot Logo Receiver Nex Parabola Kuning


Jika untuk mengganti boot logo Nex Parabola merah harus menggunakan Hex Editor, maka berbeda dengan receiver Nex Parabola kuning. Receiver ini menggunakan chipset Montage sehingga untuk mengubah boot logo receiver Nex Parabola Kuning ini harus menggunakan tools FlashEditor.


Aplikasi FlashEditor sangat membantu dalam membaca blocking di firmware. Untuk menggunakan FlashEditor ini akan lebih baik kalau memiliki dasar-dasar pembacaan maping NCRC di firmware montage.

Untuk yang ingin tau bagaimana cara membuat boot logo di receiver Nex Parabola Kuning silahkan ikuti langkah berikut

  1. Backup firmware dari receiver Nex Parabola Kuning lalu buka software FlashEditor.

  2. Cari file firmware Nex Parabola Kuning hasil backup lalu pilih id 93 biasanya dengan nama logo

  3. Klik kanan, dan pilih menu Save As... dan beri nama misal logo.jpg

  4. Lihat properties file logo.jpg tersebut. misalnya seperti ini

    General
    Complete name : D:\NexParabola\logo.jpg
    Format : JPEG
    File size : 78 6 KiB
    Image
    Format : JPEG
    Width : 1920 pixels
    Height : 1080 pixels
    Color space : YUV
    Chroma subsampling : 4:2:0
    Bit depth : 8 bits
    Compression mode : Lossy
    Stream size : 78.6 KiB (100%)
    ColorSpace_ICC : RGB

  5. Diketahui format filenya JPEG dengan resolusi 1920 x 1080 dengan ukuran 78.9 kB. Jadi silahkan buat file gambar jpg dengan ukuran yang sama.

  6. Jika sudah selesai membuat file image boot logo, buka lagi FlashEditor dan klik kanan di bagian logo id 93, pilih menu Replace With...

  7. Cari file image yang akan digunakan untuk mengganti, jika sudah ketemu tekan Open

  8. Apabila benar, maka akan muncul form buat menyimpan file firmware, simpan sesuai keinginan masing-masing mau disimpan dimana.

  9. Silahkan dicoba.


Penutup


Anda telah membaca tulisan TV Gratis Indonesia yang berjudul:
Cara Mengubah Boot Logo Receiver Nex Parabola
Dengan alamat URL:
https://www.tvgratis.my.id/2020/08/cara-mengubah-boot-logo-receiver-nex-parabola.html

TV Gratis Indonesia adalah situs yang memberikan tips dan trik nonton TV secara gratis, siaran streaming, dan cara tracking parabola tanpa bayar iuran bulanan selamanya.
Jangan lupa subscribe dengan cara bookmark blog ini.