Cara Pindah dari Ninmedia ke K-Vision

Cara Pindah dari Ninmedia ke K-Vision
Cara Pindah Satelit Ninmedia ke KVision

Pada pertengahan tahun ini para pengguna TV satelit Ninmedia mengalami gangguan karena pindahnya mereka dari satelit Chinasat 11 ke Asiasat 9. Tak ayal tagar dan pertanyaan seputar ninmedia gangguan 2020 merajalela di internet dan forum-forum.

Ninmedia hilang, Ninmedia gelap, Ninmedia gangguan, dan seabrek kata kunci lainnya menghiasi form pencarian Google. Para teknisi pun dibuat tak kalah pusing. Mereka harus menerima komplain dan telepon yang tak berhenti berdering dari para pelanggan setianya.

Ada yang mencoba merubah arah (pointing) ke Asiasat 9, ada yang tetap bertahan di Chinasat 11 dan mencoba menangkap satelit lain, ada juga yang memilih pindah dari Ninmedia. Itu adalah hal yang wajar mengingat banyaknya siaran/channel di Ninmedia yang menghilang terutama MNC group.

Bagi para teknisi, urusan pointing atau merubah arah dish parabola adalah hal yang mudah. Tapi berbeda halnya bagi para ibu-ibu atau orang yang awal mengenai dunia parabola. Merubah arah bisa menambah rasa frustasi, apalagi jika mereka enggan memanggil teknisi.

Sebabnya, posisi arah satelit Chinasat 11 dan Asiasat 9 tergolong cukup jauh, sehingga anda harus mengubah posisi dish/piringan parabola baik secara horizontal maupun vertikal.

Lalu apa ada solusi jitu yang tidak terlalu sulit dilakukan oleh pemula? Tenang, kami akan membagikan tips pindah satelit dari Ninmedia ke K-Vision yang cukup mudah dilakukan siapa saja termasuk orang awam dan kaum hawa sekalipun.

Ya, inilah cara pindah dari Ninmedia ke K-Vision yang harus anda tahu...

Cara Pindah dari Ninmedia ke K-Vision


K-Vision Ku-Band berada pada satelit Measat 3a 91.4°E. Posisinya sedikit lebih landai/turun dari Chinasat 11. Arah satelit Chinasat 11 (Ninmedia) tidak persis menghadap ke barat, tetapi menghadap ke arah barat laut. Sedangkan satelit Measat 3a (K-Vision/Garmedia) arahnya tepat menghadap barat.

Gampangnya, dari posisi dish di Chinasat 11 saat ini, anda cukup menurunkan piringan parabola kurang lebih 3 cm (tergantung lokasi) tanpa perlu memutar arah parabola. Lebih mudah, bukan? Tentu saja, karena cukup beberapa baut yang dikendorkan dan kita bisa menaik-turunkan dish parabola sesuka hati.

Masuk ke menu program reciver, pilih pengaturan > daftar satelit lalu pilih menu tambah / add Tranponder baru.

Masukan data sebagai berikut: 12436 H 31000 dan tekan tombol OK / simpan.

Kemudian naik-turunkan posisi dish parabola hingga mendapatkan sinyal paling bagus dan stabil. Jika sinyal masih belum muncul, coba arah parabola diputar sedikit ke arah barat kemudian coba naik-turunkan kembali hingga mendapat sinyal paling kuat.

Jika sudah mendapat sinyal yang bagus dan stabil, kencangkan baut pengunci dish parabola lalu anda tinggal scan otomatis di receiver untuk mendapatkan siaran.

Catatan: Jika anda tidak menggunakan receiver rekomendasi dari K-Vision atau Garmedia, sebagian besar siaran/channel diacak. Tapi anda masih bisa menonton Trans 7, TransTV, RTV, Bali TV, dan lain-lain.


Penutup


Anda telah membaca tulisan TV Gratis Indonesia yang berjudul:
Cara Pindah dari Ninmedia ke K-Vision
Dengan alamat URL:
https://www.tvgratis.my.id/2020/09/cara-pindah-dari-ninmedia-ke-kvision.html

TV Gratis Indonesia adalah situs yang memberikan tips dan trik nonton TV secara gratis, siaran streaming, dan cara tracking parabola tanpa bayar iuran bulanan selamanya.
Jangan lupa subscribe dengan cara bookmark blog ini atau masukkan email ke kotak yang tersedia di bagian bawah.