Cara Memperbaiki Parabola yang Rusak

Cara Memperbaiki Parabola yang Rusak
Cara Memperbaiki Parabola yang Rusak

Siaran televisi anda hilang? Gambar cekat-cekot seperti VCD rusak? Atau sinyal parabola hilang? Dalam tulisan kali ini saya akan bagikan cara mengembalikan siaran tv yang hilang di parabola sekaligus cara memperbaiki parabola yang rusak.

Nonton televisi dirumah adalah hiburan tersendiri yang sudah umum, apalagi saat berkumpul bareng keluarga tercinta, atau sambil santai sambil melepas lelah. Bahkan bagi sebagian orang tempat tidurpun dipasang didepan televisi.

Namun ada hal yang membuat anda galau dan bikin kesal ketika siaran televisi anda tiba-tiba cekat-cekot kaya CD rusak, bahkan lost signal siaran menghilang. Anda tak perlu bingung dan galau, apalagi sampai lempar remot tv.

Kali ini admin mau berbagi tips yang mungkin penyebabnya dari salah satu faktor yang mau admin bahas kali ini. Ada pula faktor-faktor lain yang menyebabkan hilangnya siaran televisi, nanti admin akan bahas faktor lain di sharing berikutnya..

Salah satu penyebab hilangnya siaran televisi adalah ada hal yang mempengaruhi kualitas penangkapan signal dari satelit yaitu salah satunya cekungan parabola/kurva parabola, dengan tanpa disadari setelah bertahun-tahun antena parabola dipakai, bentuk parabola tersebut sudah tidak simetris lagi/berubah bentuk cekungannya. Hal tersebut mengakibatkan pantulan signal satelit tidak tepat pada LNB, titik fokus pantulan signal dari parabola telah bergeser.

Cara mengatasinya ada beberapa cara yang harus dilakukan, cara ini adalah cara versi admin sendiri yang telah admin coba peraktekan, dan yang admin bahas ini unuk parabola jenis solid/kaleng.

Tips dan trik:
  1. Turunkan parabola dari tiang
  2. Telungkupkan parabola dilantai yang benar-benar datar, periksa jika ada bagian yang terangkat/tidak menempel di lantai berarti didaerah tersebut yang terjadi perubahan bentuk.
  3. Bongkar dan lepaskan semua baut, lalu pisahkan bagian atau kepingan-kepingan parabola.
  4. Tentukan salah satu kepingan yang paling baik untuk di jadikan acuan untuk bagian kepingan yang lainnya.
  5. Perbaiki bentuk bagian kepingan-kepingan yang bentuk cekungannya kurang sempurna mengikuti bentuk yang dianggap paling baik tadi.
  6. Sekalian bersihkan semua permukaan kepingan dish, yang mungkin sudah berkarat, gosok pake ampelas, karat pada permukaan parabola juga bisa mempengaruhi kemampuan memantulkan signal.
  7. Rangkai kembali bagian-bagian kepingan parabola menjadi satu.
  8. Telungkupkan kembali dan pastikan semua sisi luar parabola semua nempel di lantai, sebaiknya ganti baut-baut yang sudah berkarat dengan yang baru.
  9. Pasang kembali ke atas tiang mulai lakukan tracking.

Sampai disini dulu panduan dari admin semoga bermanfaat



Penutup


Anda telah membaca tulisan TV Gratis Indonesia yang berjudul:
Cara Memperbaiki Parabola yang Rusak
Dengan alamat URL:
https://www.tvgratis.my.id/2020/05/cara-memperbaiki-parabola-yang-rusak.html

TV Gratis Indonesia adalah situs yang memberikan tips dan trik nonton TV secara gratis, siaran streaming, dan cara tracking parabola tanpa bayar iuran bulanan selamanya.
Jangan lupa subscribe dengan cara bookmark blog ini.